Kamis, 18 Oktober 2012

Fokus Pada Kekuatan

Tulisan di bawah ini gw copas dari blognya pak Jamil Azzaini sang trainer Sukses Mulia, semoga bermanfaat buat kita semua.. aamiin..

Tidak percaya diri itu tidak mengenal usia. Ternyata, ada orang yang usianya semakin bertambah tetapi semakin tidak percaya diri. Bahkan banyak yang bergelar sarjana dan sudah bekerja, percaya dirinya tidak juga naik secara berarti. Mengapa itu terjadi? Jangan kemana-mana, tetap bacalah tulisan ini. Hehehe..
Penyebab utama orang-orang itu tidak percaya diri adalah karena mereka fokus pada kelemahannya, fokus pada sesuatu yang tidak mereka punya. Mereka juga sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain yang sudah lebih berhasil. Berhentilah melakukan hal yang demikian. Mengapa? Karena, selain akan membuat Anda semakin tidak percaya diri, itu akan menjadikan Anda orang yang tidak bersyukur.
Mulai sekarang fokuslah pada kekuatan dan kelebihan Anda. Bila ada yang mengatakan, “Saya tidak punya kelebihan dan kekuatan, mas.”  Pernyataan ini sebenarnya telah menghina Allah, Sang Pencipta. Dia telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna.  Setiap orang diciptakan dengan kelebihannya masing-masing. Milyaran penduduk bumi sidik jarinya berbeda, setiap orang pasti juga punya talenta yang berbeda.
Cari segera kelebihan dan kekuatan Anda sekarang, jangan malas. Menonton TV dan berselancar di dunia maya saja Anda punya waktu, mengapa untuk sesuatu yang sangat berharga Anda tidak sediakan waktu? Apabila Anda kesulitan menemukan, tanyakan kepada orang-orang terdekat Anda, “Menurut Anda apa kelebihan dan kekuatan saya ya?” Jangan berhenti mencari sebelum Anda benar-benar menemukan “harta karun” dalam diri Anda.
Apabila sudah Anda temukan kekuatan dan kelebihan Anda, mulailah fokus pada kekuatan dan kelebihan itu. Asah terus, tingkatkan terus. Jangan sungkan-sungkan meminta feed back dan masukan dari orang-orang yang mumpuni dan kredibel. Semakin Anda mahir maka kepercayaan diri Anda akan semakin melesat ke arah yang tepat.
Bagaimana dengan kelemahan? Perbaikilah terus secara bertahap sambil terus mengingat bahwa kita adalah manusia. Jangan bermimpi untuk menjadi manusia sempurna tanpa salah dan kelemahan, itu menyiksa. Jangan pula berharap ingin menjadi manusia super yang bisa mengerjakan banyak hal. Mereka itu hanya ada di film-film bukan di dalam kehidupan nyata.
Jadi tips sederhana untuk meningkatkan percaya diri:  Fokuslah pada kekuatan dan kelebihan Anda, hiduplah sebagai manusia dan jangan berharap menjadi malaikat.


sebenernya byk yg bagus2 dari blognya pak Jamil ini, lain kali gw copas lagi yg bisa bermanfaat buat orang banyak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar