Kamis, 18 Oktober 2012

Cara memotivasi diri

assalamu'alaikum...

tulisan gw ini gw rangkum dari kultwitnya mas indra 'kubik' gunawan tp ada sedikit penambahan ataupun pengurangan kata2 dari penulis (red: gw) sendiri..heheh... sebenernya kultwit ini udah di tulis dari beberapa hari yang lalu tp baru skrg gw sempet ngerangkumnya.. hehhehe...

kadang klo udah hari minggu pasti orang2 pengennya hari itu lambat biar gak cepet sore atau malem trus besok paginya senin trus brgkt ke kantor, itu sih terjadi pd sebagian orang aja termasuk gw dulu yg selalu bilang "I hate Monday", klo udah senin mau bangun tidur pagi tuh rasanya maleeesss bgt kayanya kasur bantal guling nempel di badan semua (sekali lg itu sih gw banget) hahahhahah...
tapi gw harap temen2 gak ada yg kaya gitu yaaakkk...
sebenernya wajar kalo dalam perjalanan kita menuju mimpi kehidupan terbaik kadang drop motivasinya, semua orang pernah mengalaminya termasuk para motivator, cuma bedanya para motivator itu tahu teknik supaya bisa lebih sering termotivasi daripada downtimenya. dan apa rahasianya?? salah satunya adalah Self-Coaching.
Self-Coaching adalah sebuah metode sederhana yg bisa kita gunakan untuk menuntun diri sendiri utk meraih target2 hidup. Ada 10 tips yg bisa kita jalankan utk memulainya, tips ini di tulis oleh Jackee Holder seorang Life Coach asal Amerika :
1.  Tuliskan semua pikiran, perasaan dan rencana kita di buku catatan. ini akan membuat kita lebih rileks dan fokus.
2.  Ajukan pertanyaan yg tepat, dan tunggu jawabannya. pastikan fokusnya pada solusi bukan pada masalah. pertanyaan yg fokus pd masalah spt "knp nasibku begini?". maka ganti jadi "apa yg harus aku lakukan skrg?"
3.  Rayakan keberhasilanmu, seberapapun kecilnya. Jangan teruru2 lompat ke project berikutnya. Berhentilah sejenak utk rayakan keberhasilanmu, nikmati itu walau sejenak maka energimu akan bertambah dan PD meningkat. Merayakan keberhasilan tdk harus dgn pesta, sujud pada Allah mengucap syukur dgn khusyuk itu lebih dahsyat dampaknya.
4.  Under promise dan over deliver. Jangan bebani diri kita sendiri dgn kumpulan deadline dan tugas yg mencekik leher, Fokus pada tugas yg Pareto-nya tertinggi, minta deadline agak longgar, kemudian deliver melebihi harapannya.
5.  Miliki keberanian utk melepas hal2 yg tdk esensial utk keberhasilan karir dan hidup kita. Jangan coba utk meraih segalanya atau memuaskan semuanya, kunci keberhasilan itu bukan menambah tp justru mengurangi.
6.  Akui kesalahn dan kekurangan diri. Jangan sibuk mempertanyakan "kenapa?", tapi fokuslah pada "Apa?". Katakan "oke, aku salah, aku terima konsekuensinya, skrg apa yg harus aku lakukan?"
7.  Milikilah waktu yg cukup utk diri kita sendiri. You Owe it to your self, so make time, you can do it. Delegasikan pekerjaanmu, bila perlu ambil cuti utk berlibur bersama keluarga.
8.  Biasakan mengumpulkan energi alamiah utk tubuh dan jiwa. Tidur cukup, makan sehat dan olahraga teratur.
9.  Let succes Comes to you, dalam bahasa agama : Tawakkal, kejar dan kerahkan semua daya upaya setelahnya, just let go.

Kita tdk selalu mendapatkan apa yg kita mau dan itu bukan berarti kita gagal, karena yg kita mau tidak selalu yg tebaik bagi kita. Allah yg tahu apa yg terbaik utk kita, tugas kita adalah ikhtiar semaksimal mungkin. Biarkan Dia yg menetapkan hasilnya .. :)
Whatever happened was the best, and whatever best would happen..

Go seize your day.. Jemputlah kehidupan terbaikmu..

memang kadang susah utk menjalankan semuanya, semua harus di mulai dari diri kita sendiri..

enjoy your life.. 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar