Minggu, 19 Februari 2017

Pedestrian Malioboro Yogyakarta

Assalamu’alaikum…

Memang sudah dari sebelum tahun baru 2017 yang lalu jalan sepanjang trotoar Malioboro sedang di renovasi, dan gak bisa di lewati oleh pejalan kaki. Itu lho, trotoar yang biasa untuk jualan kaki lima dan untuk parkir motor terutama di depan Mall Malioboro, wuuiihh ratusan ribu motor yang parkir di depan situ.

Dari baca beberapa social media katanya trotoar tersebut di renovasi untuk di buat semacam pedestrian Malioboro, jadi memang di peruntukan untuk para pejalan kaki, ramah untuk yang membawa stroller dan kursi roda. Dan setelah berbulan2 di tutup akhirnya berhasil di resmikan oleh Gubernur Yogyakarta. Setelah melihat hasilnya di berbagai social media punya Jogja, dan beberapa kiriman warga Jogja, waaaahhh keren bingo jadinya, bener2 di peruntukan para pejalan kaki, ada kursi2 taman yang bisa di duduki sambil santai ngobrol dan foto2 tentunya. Udah beberapa kali kami lewat situ, tapi karena beberapa alasan jadi belum sempat berhenti dan nyoba untuk jalan2 di sekitaran Malioboro.
Pagi yang cerah
Banyak yang cuma sekedar duduk, baca koran, jajan, can poto2
Tapi rasa penasaran makin besar ketika banyak banget orang2 yang posting foto2 situasi Malioboro saat ini, sepertinya nyaman dan tentram serta adem banget jalan di sepanjang trotoar dan duduk2 disitu tentunya.
Akhirnya di suatu hari Minggu kami niatkan untuk ke situ, kami sengaja datang pagi2 biar gak terlalu panas dan terlalu rame, sebelumnya kami mampir bubur ayam Ashri di Wirobrajan untuk sarapan, setelah sarapan kami langsung ke Malioboro dan parkir di basement Mall Malioboro tapi mallnya belum buka.

Kami langsung keluar, dan ternyataaa disitu udah cukup sangat rameee, sepanjang jalan udah banyak orang2, baik yang segerombolan rombongan, tukang jajanan, orang2 yang hilir mudik, bahkan pas kami jalan sepanjang trotoar itu semua kursi yang ada udah penuh semua bahkan ada yang lesehan di bawah demi merasakan sensasi pedestrian Malioboro yang baru ini. Akhirnya setelah kami cukup lama berjalan kami dapat kursi juga, walopun sebenarnya kurang nyaman, karena dekat dengan tempat sampah dan terlihat langsung dengan kendaraan yang lewat, tapi gak apalah yang penting bisa nyobain duduk2 disitu. Hehhehe… 

Sebelumnya kami sempat melihat beberapa social media yang mengeluhkan ada oknum2 yang membuang sampah sembaranga, terutama di dalam pagar2 besi yang berisi lampu dan dahan kering (kalo malem lampunya nyala, dahannya jadi keren), dan memang ternyata benar pas kami lihat banyak sampah bungkus makanan minuman serta punting rokok di dalamnya, padahal tempat sampah di sana banyak dan besar2, sangat di sayangkan kurang kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Tapi secara garis besar pedestrian Malioboro ini sangat bagus, keren dan seperti terlihat kayak di Orchard Street Singapore. Sekarang mari kita jaga pedestrian Malioboro dengan tidak membuang sampah  sembarangan atau mencoret2 fasilitas yang ada. 

Menatap jalanan yang gak pernah sepi
Bagus yaa langitnya.. hahhaaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar