Senin, 25 Januari 2016

Museum Bahari Yogyakarta

Assalamu'alaikum...
Museum dan hotel Bahari
Sebagai warga baru di Jogja, kayaknya kami harus sering piknik ke tempat2 wisata di sini biar gak kurang piknik sambil ngapalin jalan dan tahu tempat2 wisata yang ramah anak tentunya. Kebetulan pas libur sekolah kemarin kami kunjungan ke Museum Wisata Bahari, pas kita datang ada rombongan satu bis anak sekolah yang sedang darmawisata ke museum ini, untungnya sudah pas kami datang mereka sudah mau selesai jadi tidak terlalu penuh museumnya.
Sebelum kami parkir kami di haruskan mengisi buku tamu dan membayar tiket masuknya di penjagaan depan seharga 4 ribu saja untuk 2 orang dewasa dan 2 anak balita. Kami di beri pilihan sama penjaganya mau nonton film dulu atau mau keliling dulu? kami pun memilih untuk menonton film terlebih dahulu mumpung sepi. Karena sepi yang menonton hanya kita berempat di dalam ruangan seperti kapal laut, film berdurasi kurang lebih 15 menit ini tentang sejarah TNI AL dan kapal2 laut yang dimiliki oleh TNI AL dari awal sampai saat ini.
Setelah menonton kami naik tangga ke atas untuk melihat isi dari kapal lautnya, disini terlihat beberapa peralatan yang di gunakan oleh tentara selama berlayar.
Sepanjang lorong ada foto2 pelabuhan di beberapa negara
Ayah liat apaan?
Kompaknya ayah sama anak lanang
Alat2 berlayar

Radio dan pelampung



Setelah itu kami turun dan masuk ke ruangan yang di belakangnya untuk melihat koleksi-koleksi yang berhubungan dengan TNI AL, baik itu replika kapal laut, cinderamata khas negara2 yang di singgahi selama berlayar, naik ke lantai dua kami di suguhi patung-patung tentara TNI AL lengkap dengan seragamnya, lalu ada lambang pangkat2 dari tentara TNI AL, ada juga torpedo Rusia yang di pajang di lantai dua ini. Kata penjaganya museum ini punya pribadi salah satu tentara TNI AL yang katanya tugasnya di Jakarta, dan beliau kadang datang ke Jogja beberapa minggu sekali.
Di belakang museum ini ada juga hotel yang di sewakan untuk umum, saat itu sepertinya lagi ramai karena bertepatan libur sekolah, libur Natal dan Tahun Baru. So, kunjungan kami ke museum ini untuk memperkenalkan ke krucils2 mengenai sejarah di Indonesia dan juga menambah wawasan buat saya dan pak suami. Niatnya kami mau memperkenalkan beberapa museum yang ada di Jogja ini.
Koleksi barang2 dari berbagai negara
Kapal laut
Kapal perang TNI AL
Koleksi dari Thailand


Tingkat Kepangkatan TNI AL
Mata uang di berbagai negara
Contoh seragam TNI AL

Torpedo Rusia, panjang banget

Koleksi kapal perang dan senjata perang
Salah satu koleksi senjata
Berbagai penghargaan
Sudut luar museum
Zayo dan kipas kapal laut
Hotel Bahari yang ada di belakangnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar