Senin, 19 Desember 2016

Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Assalamu'alaikum....

Horaaayyy... liburan sekolah telah tiba.. ngojek anter jemput mamas sekolah libur sementara.. hehhehe....

Pinginnya sih mudik ke Jakarta, tapi katanya mama mau ke Jogja, eh ndelalah gak jadi katanya karna banyak undangan, hiiks.. akhirnya diskusi ama pak suami apa kita aja yang ke Jakarta, tapiiii pas ngecek tiketnya kok mihil bener yaaa... hikshiks....

Lagi ngirit soalnya mamas mau masuk SD, lumayan buat nambahin tabungan buat sekolah mamas nanti.. aamiin..
Kita buat agenda aja liburan sekolah di Jogja tapi kita jalan2 ke tempat yang bagus yang belum pernah kita kunjungin.
Akhirnya kita ke Tamansari di deket pasar Ngasem, sebenernya sering banget kita lewat sini, dan udah beberapa kali juga mampir kesini tapi cuma liat dari luarnya aja, gak masuk ke dalem. 
Kolam pemandian utama
Kolam pemandian dilihat dari lantai 2
Tamansari atau sering juga di sebut Istana Air (water castle), di dirikan oleh Sultan Hamengkubuwono I pada tahun Ehe 1684 Jw (1758 M), sebagai lambang kejayaan Raja Mataram dan di gunakan sebagai tempat rekreasi dan kolam pemandian bagi Sultan Yogyakarta dan keluarganya. Ketika kita masuk ke gerbangnya di sambut dengan wangi2an yang khas, di tambah dengan bangunan yang tinggi bener2 berasa masuk ke Kerajaan zaman dulu. Kolam pemandian di Tamansari dibagi menjadi tiga dan katanya kolam2 itu diperuntukan untuk putra putri Raja, untuk para selir dan untuk Raja sendiri. Kompleks Tamansari dibagi menjadi 4 bagian dan terdapat beberapa bangunan di dalam Tamansari ini. Di dalamnya juga ada yang disebut Sumur Gumuling, letaknya di terowongan bawah tanah, kalo penduduk sekitar menyebutnya masjid bawah tanah, karena pada zaman dulu memang di gunakan untuk tempat beribadah dan ada mimbar untuk pemimpin ibadah, kalau mau ke Sumur Gumuling ini melewati kompleks perumahan warga sekitar dan rumah2nya banyak menjual hasil kerajinan tangan penduduk setempat.
Ibunya lagi mbatik pake canting, bapaknya lagi mahat wayang
Harga tiket masuk ke Tamansari yaitu Rp 5.000,- per orang dan untuk biaya yang membawa kamera profesional Rp 2.000,-. Disediakan juga tour Guide bagi yang mau tapi saya tidak tau berapa biayanya.
Tamansari ini letaknya 500 meter dari Keraton, air kolam pemandiannya berwarna hijau, kalo lagi cuaca cerah bagus warnanya di tambah dengan perpaduan langit biru. Tapi pas saya kesana cuacanya lagi panas terik padahal belum ada jam 10 pagi, dan sayangnya di sudut2 tembok banyak coretan2 orang yang gak bertanggung jawab, jadi mengurangi kebersihan tempatnya. Tamansari kalo diliat sekilas dan dari sejarahnya emak unik dan menarik walopun kadang ada mistiknya juga, hehehe... 

So far, Tamansari ini bagus buat di kunjungi kalo kita lagi ke Jogja, apalagi kalo datengnya rame2 sama keluarga atau teman makin rame dan asik, tempatnya juga fotoable banget buat cekrak cekrek, harga tiketnya juga murah kok, dan menambah wawasan kita tentang sejarah Indonesia tentunya. Mamas aja langsung nanya nama2 raja dulu siapa aja dan kenapa kok mandinya di kolam situ. hahhaha.... bingung deh bunda jawabnya..



Coretan2 orang yang gak bertanggung jawab
Peta Tamansari
Gang perumahan penduduk setempat, menuju sumur gumuling

Terowongan bawah tanah
Kirain adek bakal takut, ternyata enjoy dia

Ngeri ini potonya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar