Rabu, 19 April 2017

Berburu Kain di Pasar Beringharjo Yogyakarta


Assalamu'alaikum...

Semenjak tinggal di Jogja, sering banget di titipin temen2 di Jakarta untuk minta tolong beliin kain di pasar beringharjo.
Pernah sodara nitip beliin perlengkapan pernikahan, blankon, kain dan kebaya, yang penting sih ada contohnya dan juga kalo bisa tau kisaran harganya, jadi gw bisa gampang nyari dan nanya2 trus enak juga kalo mau nawar2..
Pernah juga sodara dan temen2 minta beliin kain lurik khas Jogja, tapi sekarang yang lagi trend kain lurik yang udah modern, biasanya kain lurik kan warnanya coklat-hitam, tapi sekarang udah banyak warna, sampe warna2 ngejreng pun ada, bahkan juga warnanya masih dominan coklat tapi motifnya udah di modifikasi. 

Yaah... namanya juga perkembangan zaman, pasti semuanya berubah mengikuti selera penduduk masa kini yang sudah modern dan dinamis, tapi masih banyak juga orang2 masa kini yang menyukai bahan2 konvensional, memang tergantung selera dan kebutuhan sih yaa...

Pasar Beringharjo ini besar banget, mau cari apa aja juga ada, mulai dari bahan kain, batik, gorden, baju, mukena, kerudung, kebaya, perlengakapan pernikahan, souvenir pernikahan, makanan, oleh2, sembako, jamu daaann buanyak lainnya... tapi emang yang ruamee bangeet ya di bagian depan tempat batik2, di lorong2nya itu sampe kalo mau lewat aja susah banget. Kalo ke beringharjo enaknya dari pagi dan bukan hari libur, kalo hari libur puennuuuhh banget, anak2 gak betah di ajak muter di situ, alesannya panas dan gerah. emang sih kalo udah penuh jadi panas banget, bisa gak yaaa di pakein AC pak.. hehhehee... dan kendalanya kadang kalo gak bisa bahasa Jawa katanya suka di mahalin harganya, aaahh aku sudah jadi penduduk sini, sudah belajar dikit2 bahasa Jawa tapi tetep aksennya gak dapet dan selalu ketauan kalo orang Jakarta. huhuuu...
Pokoknya kalo udah ke pasar Beringharjo tuh bikin semuanya pingin di beli, abisnya lucu2 banget.
Warna konvensional motif modifikasi
Suka banget liatnya
Warna dan motif konvensional
Warna dan motif modern
Kain gendong bayi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar